Pengajian Online Januari 2021

Alhamdulillah pada hari Sabtu tanggal 16 Januari 2021 Segenap Keluarga Besar Islamic School Harapan Mulia bersama Wali Murid, melaksanakan kegiatan Kajian Kitab Nashoihul ‘Ibad dengan tema “Iman Kepada Allah dan Berbuat Kebajikan kepada Sesama Muslim”. Kajian ini disampaikan oleh Ust. Farid Mubarok, S.Pd.I. dengan metode daring atau online via Zoom Meeting.

Akhir-akhir ini banyak saudara kita yang terkena musibah di wilayah Indonesia semoga Allah memberikan keselamatan dan ketebahan kepada warga. Kita senantiasa mengarahkan kepada kebaikan dan semata-mata mengharap ridho Allah subhanahuwata’ala.

Pemaparan materi Kitab Nashoihul ‘ibad pada Bab Pertama ialah ada dua faidah dan ke mudhoratan. Bab yang kedua ini terdapat 30 nasehat. Seperti Hadist Diamnya Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihiwassalam merupakan hadist yang kita wajib ikuti bersama. Tentunya sesuai sebab turunnya hadist tersebut. Atsar adalah ucapan para sahabat dan tabiin. makalah yang utama. dari nasehat yang sepasang. adalah hadist Nabi Muhammad shalallahu ‘alaihiwassalam bahwa dua perilaku/tindakan yang diamalkan tidak ada suatu pun yang lebih utama dari kedua tersebut adalah iman kepada Allah SWT dan berbuat manfaat untuk orang islam yang lain. baik dengan ucapan, kedudukan atau harta benda atau dengan badan.

Sebagai contoh apabila kita membersihkan sesuatu yang tidak baik maka suatu perilaku baik. Nabi bersabda bahwa Siapa saja seorang muslim. ia tidak berniat zalim atas seseorang dan belum bertindak maka diampuni baginya terhadap segala dosa. Niatnya seorang mukmin itu lebih baik dari tindakannya. Berniat menolong kepada orang yang teraniyaya atau niat orang tersebut. memenuhi hajat orang muslim lain maka baginya seperti pahala orang berhaji mabrur yang diterima.

Do’a yang dikabulkan oleh Allah ada tiga jenis :

  1. Do’a secara langsung Allah diberikan.
  2. Do’a secara langsung belum dikabulkan maka pasti diakhirat Allah kabulkan.
  3. Do’a secara langsung dan diakhirat tidak dikabulkan adalah ketika kita berdo’a maka dosa kita dihapuskan oleh Allah .

Apa yang kamu doakan, maka kamu akan mendapatkan seperti apa yang kami do’akan. Mendo’akan orang lain lebih besar dibanding diri sendiri. kita dapat dua yaitu orang tersebut dan diri kita. Maka sering mendo’akan orang lain. Seperti kita mendoakan ada yang meninggal dunia, orang sakit dan lain-lain.

Dipengujung pengajian Ust Farid Mubarok berpesan bahwa Hamba yang paling dicinta oleh Allah, ialah manusia yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya. dan amal perbuatan  yang baik adalah memasukkan rasa senang kedalam hati orang yang beriman dengan cara menyingkirkan rasa lapar atau melenyapkan kesuhaan atau membayar hutangnya.

Ada dua perilaku paling buruk yaitu perilaku yang lebih najis diantara keduanya menyekutukan Allah dan membahayakan orang Islam atau mukmin lainnya.

Demikian semoga kita diberikan ketetapan iman dan diberikan keistiqomahan dalam mengikuti majelis ilmu di Islamic School Harapan Mulia. Terima kasih kepada keluarga besar Islamic School Harapan Mulia dan Wali murid.

Wallahu’alam bishowab.

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart