Tes Tilawati secara Daring

22 September | Islamic School SD Harapan Mulia telah melaksanakan Tes Tilawati kenaikan jilid pada tanggal 14 – 21 September 2020 secara daring (dalam jaringan) atau disebut dengan istilah online. Mengingat keadaan yang masih belum normal dikarenakan wabah Covid-19 dan siswa-sisiwi masih melaksanakan Pembelajaran Jarak Jauh maka kegiatan ini dilaksanakan secara online menggunakan aplikasi ZOOM Cloud Meetings.

Salah satu hadist mengenai keutamaan membaca Al-Quran bahwa setiap huruf dalam Al-Quran yang dibaca akan diberi balasan satu kebaikan. Setiap kebaikkan juga dikatakan akan dilipatkan menjadi sepuluh. Sebagaimana hadits riwayat Abdullah Ibnu Mas‘ud:

عن عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَسْعُودٍ، يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: مَنْ قَرَأَ حَرْفًا مِنْ كِتَابِ اللَّهِ فَلَهُ بِهِ حَسَنَةٌ، وَالحَسَنَةُ بِعَشْرِ أَمْثَالِهَا، لَا أَقُولُ الم حَرْفٌ، وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَلَامٌ حَرْفٌ وَمِيمٌ حَرْفٌ

Artinya: “Kata ‘Abdullah ibn Mas‘ud, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda, “Siapa saja membaca satu huruf dari Kitabullah (Al-Qur’an), maka dia akan mendapat satu kebaikan. Sedangkan satu kebaikan dilipatkan kepada sepuluh semisalnya. Aku tidak mengatakan alif lâm mîm satu huruf. Akan tetapi, alif satu huruf, lâm satu huruf, dan mîm satu huruf,” (HR. At-Tirmidzi).

Dalam pelaksanaannya, siswa siswi diuji satu persatu oleh penguji yang sudah memiliki Syahadah Tilawati yaitu: Ustadz Farid Mubarok, S.Pd.I, Ustadz Heru Saputra, S.Pd, dan Ustadz Umar. Alhamdulillah siswa-siswi dapat mengikuti dengan lancar.

Yuk anak-anaku kita baca Do’a Khatam Al-Quran.

اَللَّهُمَّ ارْحَمْنِيْ بِاْلقُرْآنْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ إِمَامًا وَنُوْرًا وَهُدًا وَرَحْمَةْ، اَللَّهُمَّ ذَكِّرْنِيْ مِنْهُ مَا نَسِيْتُ، وَعَلِّمْنِيْ مِنْهُ مَا جَهِلْتُ، وَارْزُقْنِيْ تِلاَوَتَهُ آنَاءَ الْلَيْلِ وَأَطْرَافَ النَّهَارْ، وَاجْعَلْهُ لِيْ حُجَّةً يَا رَبَّ اْلعَالَمْيِنَ

Artinya :

“Ya Allah berikanlah rahmat kepadaku dengan kitab Al-Quran yang agung ini, jadikanlah ia (Al-Quran) bagiku sebagai panutan, cahaya, serta petunjuk rahmat.”

“Ya Allah ingantkanlah aku seandainya aku lupa akan ayat-ayat Al-Quran.”

“Ajarkanlah aku dari padanya yang belum aku ketahui dan anugerahkanlah kepadaku kesempatan membaca Al-Quran tengah malam dan siang hari dan jadikanlah ia (Al-Quran) sebagai pembela yang kuat bagiku. Wahai Allah, Tuhan semesta alam.”

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart