PG-TK - Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H.
Islamic School PG-TK Harapan Mulia
Rabu, 28 Oktober 2020 Pukul 09.00 wita
Via Aplikasi Zoom Meeting

Penceramah : Ustadz Farid Mubarok, S.Pd.I
MC : Ms. Siti Nurmalasari
Peserta: Orangtua wali murid dan Siswa-siswi Islamic School PG-TK Harapan Mulia

Acara Talk Show Online
Dibuka dengan pembacaan do’a dipimpin oleh Ust. farid Mubarok, S.Pd.I dan bacaan basmalah bersama.

Selanjutnya masuk pada acara inti yaitu Talk Show yang di dahului dengan penyampaian tausiyah terlebih dahulu oleh Ust Farid Mubarok.

Materi Ceramah/Tausiyah :
Seperti diketahui, Nabi Muhammad merupakan tokoh penting dalam sejarah agama Islam. Bahkan dapat dikatakan, seluruh umat muslim pasti sudah mengenal sosok seorang Nabi dengan segala kebaikan dan kerendahan hatinya ini. Beliau pun disebut sebagai utusan Allah yang menjadi tauladan seluruh umat muslim di dunia. Baik dari zaman kenabian hingga zaman modern saat ini. Rasulullah SAW lahir pada hari Senin, tanggal 12 Rabiul Awal Tahun Gajah. Bertepatan pada 20 April 571 M.

Di tahun inilah, Nabi Muhammad SAW lahir di Makkah sebagai anak yatim karena ayahnya yaitu Abdullah, wafat sebelum Rasulullah SAW lahir. Beberapa tahun setelah menghabiskan waktu dengan ibunya, Aminah, Nabi Muhammad SAW kemudian dibesarkan oleh kakeknya yaitu Abdul Muthalib. Berikut hadits yang dapat dijadikan sandaran kebenaran kelahiran Rasulullah SAW.

وَسُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ الاِثْنَيْنِ قَالَ ذَاكَ يَوْمٌ وُلِدْتُ فِيهِ وَيَوْمٌ بُعِثْتُ أَوْ أُنْزِلَ عَلَىَّ فِيهِ

Umat Islam akan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW pada 12 Rabiul Awal atau tahun 1442 Hijriah kali ini jatuh pada 29 Oktober 2020. Sebagai umat muslim di momen kelahiran Rasulullah SAW atau biasa disebut Maulid Nabi selayaknya kita meneladani sifat-sifat mulia Nabi Muhammad SAW. Ya, Rasulullah merupakan salah satu inspirator seluruh umat muslim yang patut untuk dijadikan role model. Terdapat banyak nilai kehidupan, kebaikan, dan kisah tauladan yang dapat kita implementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk menjadi pribadi lebih baik. berikut sejumlah kisah tauladan Nabi Muhammad SAW yang sudah selayaknya kita tiru:

1. Rajin sholat
2. Rajin membaca Al quran
3. Rajin bersedekah
4. Menghormati orang yg lebih tua
5. Rendah hati

Ada 4 sifat wajib Rasul :
1. Siddiq (Jujur)
2. Amanah (Dapat Dipercaya)
3. Tabligh (Menyampaikan)
4. Fatonah (Cerdas)

Setelah penyampaian tausiyah, acara dilanjutkan dengan tanya jawab yang disampaikan oleh wali murid dan MC pada Ust. Farid berdasarkan materi tausiyah yang dibawakan.

Berikut beberapa pertanyaan yg disampaikan :
1. Perilaku apa saja yg bisa kita teladani dari rasul?
2. Apa manfaat bagi kita jika meneladani perilaku rasulullah?

Setelah seluruh pertanyaan terjawab lalu Talk Show Online ditutup dengan Do’a dan absensi online.

Acara Talk Show pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H tahun ini terasa spesial karena meskipun Keluarga Besar Islamic School PG-TK Harapan Mulia tidak dapat bertemu secara langsung tetapi silahturahmi kami tetap terjaga dengan baik. Begitupula kedepannya.. Amiin ya rabbal’alamin..

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart