MPLS sebagai Ajang Pengenalan Siswa terhadap Lingkungan Sekolah

Pada tanggal 12 Juli 2021, telah dilaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) secara daring. MPLS ini akan dilaksanakan dalam waktu 4 hari mulai dari tanggal 12 Juli 2021 sampai 15 Juli 2021. Kegiatan ini diikuti oleh seluruh dewan guru dan peserta didik baru kelas X Islamic School SMA Harapan Mulia Tahun Ajaran 2021/2022. Tujuan dari dilaksanakannya MPLS ini adalah untuk mengenalkan kepada siswa tentang lingkungan yang meliputi profil sekolah, dewan guru, dan sistem pembelajaran yang yang telah diterapkan di Islamic School SMA Harapan Mulia .

mpls sma 2

Kegiatan MPLS ini dibuka dengan pemutaran video sambutan oleh Sekretaris Daerah Provinsi Bali yaitu Drs. Dewa Made Indra, M.Si. Dalam sambutannya beliau menegaskan bahwa kegiatan MPLS ini perlu dilaksanakan sebagai wujud pengenalan siswa terhadap lingkungan sekolah. Kemudian Mengingat adanya PPKM Darurat ini, maka seyogyagnya pelaksanann MPLS ini bisa dilakukan secara daring. Meskipun tidak dapat dilaksanakan secara tatap muka, harapannya peserta didik baru bisa mendapatkan esensi dari Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) ini.

Rangkaian acara selanjutnya adalah sambutan dari Kepala Sekolah Drs. Med Achmad Sugiharto dan pemutaran video profil sekolah serta dewan guru Islamic School SMA Harapan Mulia . Dalam cuplikan video tersebut diperlihatkan apa saja fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah mulai dari ruang kelas, laboratirum, perpustakaan, mushalla, kantin hingga lapangan sekolah. Dewan guru juga mempersembahkan video perkenalan masing-masing guru agar dapat dikenal peserta didik lebih dekat.

Peserta didik juga diberi waktu untuk mengenalkan diri satu per satu kepada dewan guru yang dibimbing langsung oleh OSIS Islamic School SMA Harapan Mulia . OSIS juga diberi kesempatan untuk mengenalkan program kerja mereka dan mengajak para siswa untuk dapat berperan aktif dalam kegiatan sekolah. Rangkaian acara MPLS ini berlangsung kurang lebih selama tiga jam melalui aplikasi Zoom yang terbagi dalam tiga sesi. Acara ini pun diakhiri dengan membaca doa bersama-sama.

Kegiatan MPLS ini juga tidak hanya mengenalkan tentang lingkungan sekolah saja, melainkan juga melakukan sosialisai terkait pembelajaran siswa di tahun ajaran baru. Siswa diberi arahan serta bimbingan untuk dapat mengisi data peminatan siswa di mana nantinya data tersebut akan digunakan sebagai penentu jurusan siswa di kelas X. Tidak hanya itu saja, guru juga akan mengenalkan kepada siswa tentang program Al Islam terkait dengan kegiatan keislaman yang terdapat di Islamic School SMA Harapan Mulia contohnya seperti pengenalan bacaan-bacaan doa harian, rutinitas spritual dan standarisasi Al-Quran yang diterapkan di Islamic School SMA Harapan Mulia .

mpls sma 1

There are no comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Start typing and press Enter to search

Shopping Cart